Agar pelajar lebih mudah dalam mempelajari bahasa Arab, maka salah satu hal penting yang harus dipelajari adalah kosa kata atau mufrodat bahasa Arab. Kosa kata atau mufrodat bahasa Arab sekolahan menghimpun beragam kosa kata baik benda, profesi, ataupun pekerjaan yang ada di sekolah.
Mempelajari kosa kata atau mufrodat bahasa Arab sekolahan sangat penting mengingat setiap hari pelajar akan berinteraksi dengan berbagai benda yang ada di sekitar lingkungan sekolah. Kosa kata yang akan dipelajari meliputi alat tulis di sekolah, fasilitas sekolah, perlengkapan, mata pelajaran dan lainnya.
1. Orang yang Ada di Sekolah
Salah satu komponen penting dalam mempelajari mufrodat atau kosa kata bahasa Arab sekolahan adalah bagaimana menyebut orang-orang atau profesi yang ada di sekolah menggunakan bahasa Arab.
Mengetahui penyebutan orang di sekolah menggunakan bahasa Arab sangat penting karena akan terus digunakan selama siswa berada di sekolah. Orang yang ada di sekolah mulai dari guru atau pengajar, kepala sekolah, siswa, siswi, penjaga perpustakaan, penjaga sekolah dan lainnya.
No. | Bahasa Arab | Bunyi Bacaan | Arti |
1. | تِلْمِيْذٌ | tilmiidzun | Siswa laki-laki |
2. | تِلْمِيْذَةٌ | tilmiidzatun | Siswi perempuan |
3. | مُدِيْرُ المَدْرَسَة | Mudiirul madrasati | Kepala sekolah |
4. | مُدَرِّسَةٌ | Mudarrisatun | Guru perempuan |
5. | مُدَرِّسٌ | Mudarrisun | Guru laki-laki |
6. | مُوَظَّفٌ | Muwadzofun | Pegawai tata usaha laki-laki |
7. | مُوَظَّفَةٌ | Muwadzofatun | Pegawai tata usaha perempuan |
8. | وَلِيُّ الفَصْلِ | Waliyyul fashli | Wali kelas |
9. | أَمِيْنُ المَكْتَبَةِ | Amiinul maktabati | Pengurus perpustakaan |
10. | طَبَّاخٌ | Thobbaakhun | Juru masak |
11. | أَمِيْنُ المَقْصَفِ | Amiinul maqshofi | Penjaga atau pengurus kantin |
12. | بَوَّابٌ | Bawwaabun | Satpam |
13. | كُتُبِيٌّ | Kutubiyyun | Pustakawan |
14. | اُسْتَاذُ | Ustaadzun | Guru besar |
Baca: Bahasa Arab Anggota Keluarga
2. Peralatan Tulis di Sekolah
Kosa kata peralatan tulis sekolah terdiri dari setiap isim atau kata benda yang digunakan untuk belajar, membaca dan menulis di sekolah. Peralatan tulis ini meliputi peralatan untuk mengajar para guru dan peralatan untuk para siswa menulis dan belajar.
No. | Bahasa Arab | Bunyi Bacaan | Arti |
1. | سَبُّوْرَة | Sabuurotun | Papan tulis |
2. | قَلَـمٌ | Qolamun | Pulpen |
3. | قِرْطاَسٌ | Qirthoosun | Kertas |
4. | مِرْسَمٌ | Mirsamun | Pensil |
5. | حِبْرٌ | Hibrun | Tinta |
6. | مِنْضَدَة | Mindhodatun | Meja tulis |
7. | مِقْلَمَةٌ | Miqlamatun | Tempat pulpen |
8. | طَبَاشِر | Thobaasyirun | Kapur tulis |
9. | كَرْتُوْن, لاَفِتَة | Kartuunun, Laafitatun | Papan pengumuman |
10. | كِتَابُ التَّدْرِيْس | Kitaabut tidriisun | Buku pelajaran |
11. | مِسْطَرَةٌ | Misthorotun | Penggaris |
12. | قَلَـمُ الْحِبْرِ | Qolamul hibri | Spidol |
13. | كَشْفُ الْغِيَابُ | Kasyful ghiyaabu | Buku kehadiran siswa |
14. | مُزِيْلٌ | Muziylun | Tipe-X |
15. | مُعْجَمٌ | Mu’jamun | Kamus |
16. | قِرْطَاسِيَّة | Qirthosiyyatun | Alat tulis menulis |
17. | كِـتَابٌ | Kitaabun | Buku cetak |
18. | كُــرَاسَةٌ | Kuroosatun | Buku tulis |
19. | مِمْحَاة | Mimhaatun | Karet penghapus |
20. | كُرَاسَةُ التَّمْرِيْنَاتِ | Kuroosatut tamriinaati | Buku latihan |
21. | مِبْرَاة | Mibrootun | Peraut pensil |
22. | مِمْسَحَةٌ | mimsahatun | Penghapus |
Baca: Warna dalam Bahasa Arab
3. Perlengkapan Sekolah
Perlengkapan sekolah merupakan kosa kata berupa isim kata benda berbagai perlengkapan sekolah meliputi baju, seragam, sepatu dan sebagainya. Perlengkapan sekolah merupakan semua benda yang dikenakan oleh siswa untuk belajar di sekolah.
No. | Bahasa Arab | Bunyi Bacaan | Arti |
1. | ثَوْبٌ | Tsaubun | Baju |
2. | قُبَّعاَةٌ | Qubba’atun | Topi |
3. | تَنُّوْرَةٌ | Tannuurotun | Rok |
4. | زِيُّ الْمَدْرَسَةِ | Ziyyul Madrasah | Seragam sekolah |
5. | رَبْطَةُ العُنُقِ | Robthotul Unuq | Dasi |
6. | قَمِيْصٌ | Qomiishun | Kemeja |
7. | سِرْوَالٌ | Sirwaalun | Celana |
8. | جَوْرَبٌ | Jaurobun | Kaos kaki |
9. | قَلَتْسُوَةٌ | Qolansuwatun | Peci |
10. | خِذَاءٌ | Khidzaaun | Sepatu |
11. | حِزَامٌ | Hizaamun | Sabuk |
12. | خِمَارٌ | Khimaarun | Kerudung |
13. | فاَنِلَةٌ | Faanilatun | Kaos |
14. | مَحْرَمَة | Mahromatun | Sapu tangan |
15. | شَهَادَةٌ | Syahaadatun | Ijazah |
16. | كَشْفُ الدَّرَجَاتِ | Kasyfud darajaati | Rapor |
Baca: Jam dalam Bahasa Arab
4. Kegiatan Belajar di Sekolah
Kosa kata kegiatan belajar di sekolah berikut terdiri dari isim (kata benda) dan juga fi’il atau kata kerja yang berkaitan dengan berbagai aktivitas di sekolah. Kosa kata kerja (fi’il) adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan pekerjaan dan juga terikat oleh waktu atau zaman seperti belajar, berbicara.
No. | Bahasa Arab | Bunyi Bacaan | Arti |
1. | اِمْتِحَان | Imtihaan | Ujian |
2. | تَعَلُّم | Ta’alum | Belajar |
3. | كَلَام | Kalaam | Berbicara |
4. | إِسْتِمَاع | Istimaa’ | Mendengar |
5. | تَعْلِيْم | Ta’lim | Mengajar |
6. | دَرْسٌ | Darsun | Pelajaran |
7. | تَجْرِبَة | Tajribah | Praktek |
8. | جَدْوَلٌ | Jadwalun | Jadwal |
9. | اِخْتِبَارٌ | Ikhtibaarun | Tes |
10. | مَادَّةٌ | Maaddatun | Mata Pelajaran |
11. | فِيْزِيَاء | Fiizyiyaau | Fisika |
12. | بِيُوْلُوْجِي | Biyuulujiy | Biologi |
13. | كِيْمِيَاء | Kiumiyaau | Kimia |
14. | اَلْعُلُوْمُ الْاِجْتِمَاعِيَّةُ | Al ‘ulumul Ijtimaa’iyyatu | IPS |
15. | اَلْعُلُوْمُ الطَّبِيْعِيَّةُ | Al ‘ulumul Thobiy’iyyah | IPA |
16. | اَللُّغَةُ الْعَرَبِيَّةُ | Al lughotul ‘Arobiyyatu | Bahasa Arab |
17. | اَلرِّيَاضِيَاتُ | Arriyaadhiyaatu | Matematika |
18. | اَللُّغَةُ الْإِنْجِلِيْزِيَّةُ | Al lughotul Injiliziyyatu | Bahasa Inggris |
19. | اَلتَّارِيْخُ | At taariykhu | Sejarah |
20. | اَلْحَدِيْثُ | Al hadiitsu | Hadist |
21. | اَلْفِقْهُ | Al fiqhu | Fiqih |
22. | اَلتَّفْسِيْرُ | At tafsiiru | Tafsir |
23. | مِنْحَةٌ دِرَاسِيَّةٌ | Minhatun diraasiyyatun | Bea siswa |
24. | خُلاَصَةٌ | Khulaashotun | Ringkasan |
25. | الحَاسُوْبِ | Al haasuubi | Pelajaran komputer |
Baca: Ucapan Doa Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab
5. Lingkungan Fasilitas Sekolah
Selain mempelajari bahasa Arab perlengkapan sekolah seperti papan tulis, buku, meja, kursi dan sebagainya, kosa kata lingkungan fasilitas sekolah merupakan komponen bahasa Arab sekolahan yang juga harus dipahami. Sekolah dilengkapi oleh ragam fasilitas seperti lapangan, perpustakaan dan lainnya.
No. | Bahasa Arab | Bunyi Bacaan | Arti |
1. | مَكْتَبَةٌ | Maktabatun | Perpustakaan |
2. | فَصْلٌ | Fashlun | Kelas |
3. | مَيْدَانٌ | Maydaanun | Lapangan |
4. | مَقْصَفٌ | Madshofun | Kantin |
5. | مَدْرَسَةٌ | Madrosatun | Sekolah |
6. | مَكْـتَـبٌ | Maktabun | Meja |
7. | مَعْمَلٌ | Ma’malun | Laboratorium |
8. | اِدَارَةٌ | Idaarotun | Kantor |
9. | سَبُوْرَةٌ | Sabuurotun | Papan tulis |
10. | كُـرْسِيٌّ | Kursiyyun | Kursi |
11. | خَرِيْطَةٌ | Khoriithotun | Peta |
12. | صُوْرَةٌ | Shuurotun | Gambar |
13. | رَفٌّ | Roffun | Rak |
14. | خِزَانَةٌ | Khizaanatun | Lemari |
15. | المَنْهَجُ الدِّرَاسِي | Almanhajud diroosii | Kurikulum pelajaran |
16. | سارية العلم | Saariyatul ‘alam | Tiang bendera |
17. | أرضية | Ardiyah | Lantai |
18. | شَجَر، شَجَرَة | Sajarun, sajarotun | Pohon |
19. | حجرة الدراسة | Hujrotul diroosah | Ruang kelas |
20. | حَمَّام | Hammaamun | Toilet |
21. | بُسْتَان | Bustaanun | Taman |
22. | مَرْج، مَرْعًى | Marjun, mar’a | Halaman rumput |
23. | مُنْتَزَه | Muntazahun | Tempat parkir |
24. | بَهْو | Bahwun | Aula |
25. | بَاب | Baabun | Gerbang |
26. | بَوَّابَة | Bawwaabatun | Pintu gerbang |
27. | مُصَلًّى | Musholla | Mushola |
28. | مَسْجِد | Masjidun | Masjid |
29. | مِئْذَنَة | Mi’dzanatun | Menara masjid |
Contoh Kalimat Bahasa Arab Sekolahan
Untuk meningkatkan pemahaman Anda mengenai penggunaan kosa kata atau mufrodat bahasa Arab sekolahan, maka sangat penting untuk mengaplikasikan kosa kata yang sudah dipelajari di atas ke dalam sebuah kalimat sempurna.
Dalam bahasa Arab, posisi suatu kata benda atau isim di suatu kalimat menentukan i’rabnya. Ilmu untuk mempelajari prinsip tata cara penulisan kalimat bahasa Arab dari sisi i’rab dan bina’ disebut ilmu nahwu. Dalam ilmu Nahwu, isim memiliki 3 tanda yakni bertanda marfu’, manshub dan majrur.
Untuk memahami kapan isim diberi tanda marfu’, manshub dan majrur, salah satu konsep yang harus dipahami adalah konsep kalimat atau disebut “jumlah” dalam bahasa Arab. Dalam ilmu Nahwu, dikenal istilah jumlah mufidah atau kalimat sempurna.
Bagi pembelajar, konsep jumlah mufidah atau konsep kalimat sempurna harus dipelajari pertama kali agar memahami tata cara penyusunan kalimat. Jumlah dalam bahasa Arab dibagi menjadi dua jenis berdasarkan kata yang ada di bagian depan kalimat yakni jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah.
Jumlah ismiyah adalah kalimat yang didahului oleh kata benda atau isim baik benda bersifat konkret maupun abstrak. Kata benda dalam bahasa Arab adalah setiap kata yang tidak terikat oleh waktu. Kata yang berada paling depan jumlah ismiyah disebut mubtada dan kata berikutnya adalah khobar.
Sementara jumlah fi’liyah adalah kalimat yang didahului oleh kata kerja atau fi’il. Dalam jumlah fi’liyah, kalimat tersusun oleh fi’il (kata kerja) dan fa’il (subjek yang mengerjakan perbuatan). Fi’il sendiri terdiri dari fi’il madhi (kata kerja lampau), fi’il mudhari (kata kerja saat ini atau akan terjadi), fi’il amri (perintah).
Berikut adalah contoh kalimat Bahasa Arab sekolahan yang menerapkan prinsip ilmu nahwu bahasa Arab:
1. Bahasa Arab:
هَذَا وَلِيُّ الفَصْلِ, إِسمُهُ أَلْاُسْتَاذُ فَائِزٌ مُحَمَّدٌ
Latin: Hadza waliyyul fashli, ismuhu al ustaadzhu Faidzun Muhammadun
هَذَا : ini
وَلِيُّ الفَصْلِ : wali kelas
إِسمُهُ: nama dia (laki-laki)
أَلْاُسْتَاذُ : ustadz atau guru besar (Profesor)
Terjemahan: Ini adalah wali kelas, nama beliau Profesor Faizun Muhammad
2. Bahasa Arab:
جَمِيْلٌ مُدَرِّسُ اَلْعُلُوْمُ الطَّبِيْعِيَّةُ
Latin: Jamiylun mudarrisu al ‘uluumuth thobiy’iyyatu
مُدَرِّسُ : mengajar
اَلْعُلُوْمُ الطَّبِيْعِيَّةُ : Ilmu Pengetahuan Alam
Terjemahan: Jamil mengajar Ilmu Pengetahuan Alam
3. Bahasa Arab:
الجَدْوَلُ الدِّرَاسِيُّ عَلَى اللَّوْحَةِ
Latin: Al jadwalud diroosiyyu ‘ala luwhah
الجَدْوَلُ : Jadwal
الدِّرَاسِيُّ : Pelajaran
عَلَى : di atas atau pada
اللَّوْحَةِ : papan pengumuman
Terjemahan: Jadwal mata pelajaran ada di papan pengumuman
Pahami kosa kata atau mufrodat bahasa Arab sekolahan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab Anda. Kosa kata yang ada di tabel di atas adalah daftar kosa kata yang paling sering muncul dalam percakapan sehari-hari. Untuk menyusun kalimat bahasa Arab perlu pengetahuan tentang ilmu Nahwu.